• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Siapa yang tidak mengenal acara InBOX? Acara INBOX sendiri merupakan sebuah acara televisi yang ditayangkan SCTV setiap hari pada pukul 06.30 WIB. Acara ini pertama kali dimulai pada tanggal 3 Desember 2007. Berisi acara yang berhubungan dengan musik dan mengudara selama 2 jam. Baca selengkapnya...

PUNAKAWAN DAN LAGU ILIR – ILIR DI JENANG MUBAROK
Wednesday, 20 July 2011 15:25

Siapa yang tak kenal jenang Mubarok, salah satu produsen jenang dan dodol dari kota Kudus. Tahun ini Jenang Mubarok telah meluncurkan produk baru dengan berbagai merk antara lain aneka varian dodol dengan merk Citra Persada dan Asia Pacific. Dodol Citra Persada terdiri dari rasa original, rumput laut, kismis, durian, jahe dan susu. Selain itu juga produk chocolate with dodol dengan merk Claszeto. Untuk memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat luas, Jenang Mubarok telah melakukan Promo Tour ke 15 kota besar di Indonesia yang telah dimulai Oktober 2010 berlanjut sampai tahun 2011 ini.


Di pertengahan tahun ini, kembali jenang Mubarok menciptakan produk yang antik, unik dan spesifik dengan mengkolaborasikan antara kelezatan jenang dengan pelestarian budaya Jawa. Produk tersebut dikemas dengan kemasan unik dan klasik dengan merk Classico yang berarti Classic Original. Produk terbaru dari Ahlinya Jenang Kudus Mubarok ini selain menampilkan cita rasa original dari jenang, juga menonjolkan kemasan yang bernilai legenda. Setiap pembelian produk Classico ini akan mendapat souvenir menarik antara lain paket wayang Punakawan, Lagu Ilir – Ilir karya Sunan Kalijaga dan Gunungan Jawa Tengah.

Menurut Direktur Utama Jenang Mubarok, H. Muhammad Hilmy SE, kemasan dan pemilihan souvenir yang diberikan memiliki makna filosofi yang perlu dicontoh dan menjadi pegangan hidup. Misalnya Punakawan merupakan karakter yang khas dalam wayang Indonesia. Mereka melambangkan orang kebanyakan. Karakternya mengindikasikan bermacam-macam peran, seperti penasihat, penghibur, kritisi sosial, yang dapat menjadi sumber kebenaran dan kebijakan. Dalam wayang Jawa karakter punakawan terdiri atas Semar, Gareng, Bagong, dan Petruk. Ke empat punokawan tersebut merupakan simbol dari cipta, rasa, karsa dan karya yang merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Cipta, rasa, karsa dan karya berada dalam satu wilayah yang bernama pribadi atau jati diri manusia, disimbolkan sebagai tokoh Ksatria. Tokoh ksatria akan berhasil dalam hidupnya dan mencapai cita-cita ideal jika didasari sebuah pikiran jernih (cipta), hati tulus (rasa), kehendak, tekad bulat (karsa) dan mau bekerja keras (karya). Sedangkan Lagu Ilir – ilir merupakan lagu karya Sunan Kalijaga yang dikenal sebagai Mubaligh, ulama besar, seorang Wali yang memiliki karisma tersendiri di antara wali-wali yang lain karena pengenalan agama yang dilakukan secara luwes tanpa menghilangkan adat-istiadat/kesenian daerah. “Kami terinspirasi untuk menciptakan produk ini untuk mengangkat kembali legenda dan budaya yang ada di Jawa kepada masyarakat luas, sehingga nilai – nilai budaya kita tidak memudar.” Imbuhnya.

Produk Classico ini dapat dilihat dan dinikmati dalam Pameran Produk Pangan Unggulan Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di Atrium Java Mall mulai tanggal 22 – 24 Juli 2011, tepatnya di Stand Jenang Kudus Mubarok. Dalam pameran tersebut Mubarokfood juga akan menampilkan produk – produk unggulan lainnya mulai dari jenang, dodol, maupun coklat.