• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Menindaklnjuti China ASEAN Expo (CAEXPO VIII) yang diselenggarakan di The Nanning International Convention and Exhibition Center, Nanning Guangxi, China pada 22 – 26 Oktober 2011 yang lalu. Pada hari Minggu, 1 September 2013 yang lalu Mubarokfood mendapat kunjungan tamu istimewa calon buyer dari china. Tujuan dari kunjungan 3 orang buyer / importir tersebut adalah untuk melihat secara langsung proses produksi yang dilakukan.

DITJEN PEN DAN KONSULTAN ARRBEY KUNJUNGI JENANG MUBAROK
Monday, 15 April 2013 11:12

Nino Wawan Setiawan, selaku Kepala Subdit Jasa, Direktorat Pengembangan Produk Ekspor, Kementerian Perdagangan RI pada saat kunjungan di MubarokfoodSaat ini tantangan di era perdagangan bebas sangat menuntut daya saing yang andal. Perusahaan yang ingin unggul dalam persaingan global harus memiliki kemampuan menciptakan nilai tambah dengan mengusung efisiensi, efektivitas, kualitas dan inovasi yang berkelanjutan, termasuk di dalamnya desain dan kemasan. Bertolak pada hal tersebut, dalam rangka meningkatkan daya saing produk UKM Indonesia di pasar ekspor, Ditjen PEN (Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional) Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Konsultan Arrbey dan Branding Indonesia menyelenggarakan program pengembangan merek UKM tahun 2013. Untuk mengikuti program tersebut, Ditjen PEN akan melakukan seleksi untuk seluruh UKM di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah. Sosialisasi dan seleksi di Jateng telah dilakukan pada 10 April 2013 melalui acara Workshop dan Sosialisasi Pengembangan Merek UKM yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng. Dalam workshop yang diikuti UKM se Jawa Tengah tersebut dihadiri oleh Kepala Subdit Jasa, Direktorat Pengembangan Produk Ekspor, Ditjen PEN Kementerian Perdagangan RI serta Konsultan Arrbey dan Branding Indonesia, sebagai narasumber. Bagi UKM yang nantinya terpilih akan memperoleh pendampingan dari DJPEN terkait pengembangan merek dan berkesempatan mengikuti program – program DJPEN lainnya.

 


Salah satu peserta dalam seleksi tersebut adalah Mubarokfood Cipta Delicia, produsen jenang dan dodol terkemuka di Jateng. Kesempatan mengikuti workshop dan seleksi tersebut merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi Mubarokfood, mengingat bagi perusahaan yang mulai memproduksi dodol dan olahan kurma ini, sebuah pengembangan merek mutlak adanya, karena perusahaan harus mampu menciptakan, memelihara, melindungi, dan meningkatkan merek produk untuk tetap eksis di masyarakat.


Sehari setelah pelaksanaan workshop, rombongan Ditjen PEN dan Konsultan Arrbey mengunjungi Mubarokfood untuk melihat lebih dekat pengelolaan merek yang telah dilakukan perusahaan tersebut. mulai dari merek yang digunakan, desain kemasan, inovasi yang dilakukan, dsb. Tentu saja kunjungan tersebut menjadi sebuah kehormatan bagi Mubarokfood. Dalam kunjungan tersebut, Mubarokfood mendapatkan masukan yang positif dari Ditjen PEN dan Konsultan Arrbey. Dalam kunjungannya, Nino Wawan Setiawan, selaku Kepala Subdit Jasa, Direktorat Pengembangan Produk Ekspor menuturkan “Membangun merek yang kita punya adalah hal yang sangat penting. Konsep pemasaran saat ini tidak hanya mampu menjual saja, tetapi juga dapat melakukan analisa, pasar mana yang cocok untuk produk kita. Oleh karena itu kami bekerjasama dengan Konsultan Arrbey untuk dapat membantu memberikan konsultasi dan bimbingan kepada para UKM terpilih nantinya untuk dapat melakukan analisa pemasaran produk baik di dalam maupun luar negeri. Mulai dari pemilihan desain, tag line sampai dengan pasar yang dituju. Menurut kami, Mubarok sudah memiliki brand yang cukup kuat, tinggal bagaimana melakukan pengembangan atas merek tersebut”. Sedangkan David Simorangkir dari Konsultan Arrbey dan Branding menyampaikan bahwa merek sangatlah penting, oleh karena itu strategi pemasaran adalah hal yang utama. Kita harus bijaksana dan cerdas dalam melakukan positioning merek yang kita miliki. Mubarokfood sudah memiliki brand yang kuat, tinggal bagaimana bisa mengelola dan mengembangkannya.


Komisaris Mubarokfood, Drs. H. Muhammad Mufidz, Apt menuturkan “Kami sangat bangga dan senang sekali dengan kunjungan tersebut. Kami berharap setelah adanya kunjungan dan pelaksanaan program tersebut kami dapat semakin mengembangkan merek kami dan meningkatkan daya saing perusahaan. Mengingat tidaklah mudah untuk menjadi perusahaan besar, tidak mudah juga menjaga perusahaan agar tetap besar dan lebih tidak mudah lagi menjadikan perusahaan besar agar semakin besar. Oleh karena itu, kami sebagai perusahaan yang ingin terus berkembang akan terus berupaya melakukan continous improvement dalam semua lini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder terkait, atas semua dukungan dan kerjasama yang terjalin dengan sangat baik selama ini. Tak lupa kami juga mohon dukungannya, sehingga produk unggulan Kudus dapat eksis pula di kancah internasional” imbuhnya.