• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Dalam rangka pelaksanaan kunjungan kerja ke Djarum Foundation, sebuah yayasan yang dikelola oleh PT. Djarum Kudus, Walikota Jakarta Timur, Krisdiyanto, beserta rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi Mubarokfood Cipta Delicia, produsen Jenang dan dodol terkemuka di kabupaten Kudus. Baca selengkapnya...

MUBAROKFOOD MISI DAGANG KE MALAYSIA
Monday, 15 April 2013 08:26

Bersama Pengusaha dan Rektor Perguruan Tinggi di Jateng

Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Komunitas Bisnis Indonesia dan Malaysia / Malaysia – Indonesia Business Council (MIBC) dan mendorong perdagangan dua arah, investasi, serta pembentukan usaha patungan bilateral, Kadin Jateng bersama dengan beberapa pengusaha pilihan dan Universitas di Jateng akan menyelenggarakan Misi Dagang ke Malaysia yang akan diselenggarakan pada 10 – 12 April 2013. Rencananya dalam misi dagang selama 3 hari tersebut para perwakilan pengusaha dan perguruan tinggi akan melakukan kunjungan ke pengelolaan limbah, bertemu dengan Duta Besar RI di Malaysia, kunjungan ke pusat perdagangan dan UMKM, kunjungan ke pelabuhan dan universitas di Malaysia.



Salah satu peserta dalam misi dagang tersebut adalah Mubarokfood Cipta Delicia, produsen jenang dan dodol di Kudus. Mengikuti misi dagang ke Malaysia merupakan kebanggaan sekaligus kesempatan yang tidak akan dilewatkan oleh produsen jenang dan dodol yang saat ini juga mulai memproduksi coklat dan olahan kurma tersebut. Muhammad Hilmy selaku Dirut Mubarokfood menuturkan, “Saat ini tantangan di era perdagangan bebas sangat menuntut daya saing yang andal, baik menyangkut produk yang akan dipasarkan maupun kemampuan sumber daya manusianya. Perusahaan yang ingin unggul dalam persaingan global harus memiliki kemampuan menciptakan nilai tambah dengan mengusung efisiensi, efektivitas, kualitas dan inovasi yang berkelanjutan. Oleh karena itu kerjasama antar negara maupun berbagi pengalaman dan transfer teknologi lintas negara dalam meningkatkan produktivitas perusahaan maupun perekonomian secara makro dirasa sangatlah penting, dimana hasil akhirnya diharapkan dapat meningkatkan daya saing perusahaan maupun perekonomian negara, sekaligus untuk memperkenalkan produk kita secara global”. Bahkan upaya pengenalan produk secara internasional juga sudah tercantum dalam visi Mubarokfood yaitu Menjadi Makanan Khas Indonesia Berkelas Dunia. “Awalnya visi kami tersebut bagaikan sebuah mimpi belaka, namun setelah berjalannya waktu dan usaha keras kami, hal ini semakin menunjukkan sinyal positif. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder terkait, atas semua dukungan dan kerjasama yang terjalin dengan sangat baik selama ini. Tak lupa kami juga mohon dukungannya, sehingga produk unggulan Kudus dapat eksis pula di kancah internasional” imbuhnya.

Lolos Seleksi / Kurasi Produk
Selain berkesempatan mengikuti misi dagang di Malaysia, tahun ini Mubarokfood juga mendapatkan kesempatan mengikuti pameran bertaraf internasional. Setelah lolos seleksi dan mengikuti pameran THAIFEX – World Of Food Asia pada bulan Mei 2012 yang lalu di Bangkok, Thailand, tahun ini kembali Mubarokfood berhasil lolos seleksi produk (kurasi) dan terpilih untuk dapat mengikuti Pameran The 23rd Taipei International Food yang akan diselenggarakan pada 26 – 29 Juni 2013 di Taipei World Trade Center Exhibition Hall 1, Taipei, Taiwan. Kepesertaan dalam pameran tersebut dapat dibilang cukup ketat dalam melakukan pemilihan peserta. Seleksi  ketat tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan. Menurut Hilmy, “Pameran The 23rd Taipei International Food ini selain bertujuan untuk memperkenalkan potensi unggulan Indonesia dan membuka peluang pasar di Taiwan, juga dapat menjadi media penjajakan kami untuk target ekspor sekaligus untuk menjembatani terbentuknya kontak – kontak bisnis mancanegara, mengingat pameran tersebut juga akan dihadiri lebih dari 61.000 buyers dari China, Jepang, Korea, Amerika Serikat, Hongkong, Singapura, Malaysia, Kanada, dll, yang terdiri dari distributor, supplier, importir, eksportir dan wholesaler. Apalagi setelah diberlakukannya regulasi – regulasi ekspor terkait dengan globalisasi pasar, kami perlu mengatur strategi untuk perluasan pasar ekspor berikutnya”.