• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Jenang Kudus Mubarok adalah satu produsen jenang dan dodol yang paling ternama dan paling diminati di Jawa Tengah. Perusahaan dari Kudus ini akan turut meramaikan Pameran Produk Unggulan Kabupaten Kudus 2016 di Hartono Mall. Baca selengkapnya...

Mubarokfood Torehkan Sejarah
Saturday, 30 October 2010 12:10

Komentar Tokoh Atas Gelaran Even Selama Setahun

Lengkap sudah rangkaian kegiatan dalam rangka tasyakuran peringatan 1 abad Mubarokfood, salah satu produsen jenang dan dodol terkemuka di Kudus. Pada 5 Oktober yang lalu Mubarok telah sukses menggelar acara Tabligh Akbar dan Halal Bihalal Keluarga Besar Mubarokfood dengan Para Pejabat, Habaib dan Kyai se Kabupaten Kudus beserta masyarakat Kudus dan sekitarnya dengan 3 pembicara besar yaitu KH. M. Sya’roni Ahmadi dari Kudus, Habib Syeich bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo dan Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dari Pekalongan. Acara ini berlangsung di Alun – Alun Simpang Tujuh Kudus.

Kegiatan tersebut merupakan puncak acara dari 22 even yang telah digelar Mubarokfood selama setahun dalam rangka kesyukuran atas pencapaian usia yang ke 100 tahun Mubarokfood. Beberapa kegiatan yang pernah digelar antara lain bhakti lingkungan, bhakti pendidikan, kegiatan keagamaan, kegiatan peduli olah raga, Nada dan Dakwah bersama KH. Zainuddin MZ dan Hj. Neno Warisman, pameran karya seni kaligrafi islam berprestasi nasional dan ASEAN, berbagai lomba dan pameran, Pentas Seni Santri Se Eks Karesidenan Pati dan bhakti kesehatan berupa donor darah dan pengobatan kesehatan gratis, santunan yatama dan dhuafa, serta masih banyak kegiatan lainnya.

Beragam kegiatan yang telah digelar memunculkan berbagai komentar dan apresiasi dari berbagai pihak. Menteri Agama RI dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI memberikan komentar yang senada atas pencapaian 1 abad Mubarokfood bahwa Mubarok telah memberikan torehan sejarah tersendiri bagi UKM yang telah mampu mencapai usia hingga 100 tahun. Tokoh nasional seperti Hj. Neno Warisman dan Dr. Ir. Putut Irwan Pudjiono selaku Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI juga memberikan apresiasi melihat Mubarokfood sebagai salah satu perusahaan keluarga di Indonesia yang tetap eksis sampai dengan generasi ketiga bahkan semakin menunjukkan tren yang positif. Tokoh akademisi seperti Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, MA juga memberikan apresiasi yang serupa atas pencapaian 1 abad Mubarokfood. Bahkan tokoh ulama Habib Luthfi menilai bahwa perjalanan 1 abad Mubarokfood dapat dijadikan inspirasi dan motivasi bagi umat Islam untuk berjihad dengan pedang ekonomi. Hal ini disampaikan beliau pada saat menjadi pembicara dalam salah satu acara yang digelar Mubarok. Sedangkan Ketua MUI Kudus, KH. Syafiq Nashan memberikan apresiasi dengan membuat puisi khusus untuk Mubarok berjudul “Mubarokfood Bersyukur” yang dibacakan pada saat acara Tabligh Akbar dan Halal Bihalal Mubarokfood pada 5 Oktober yang lalu. Secara umum kalangan pengusaha juga memberikan apresiasi yang positif atas pencapaian usia 100 tahun Mubarok tersebut.

Dua Kali Bagikan Souvenir Buku
Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan 1 abad, Mubarokfood 2 kali mencetak buku yang dibagikan sebagai souvenir para tamu undangan. Buku yang pertama dengan judul “Inspirasi Spirit Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW dalam Sukses Usaha yang Mensejahterakan Umat” dibagikan pada saat acara Nada dan Dakwah bersama KH. Zainuddin MZ dan Hj. Neno Warisman pada bulan Juli yang lalu. Buku ini merefleksikan kesyukuran 1 abad Mubarokfood dengan diiringi semangat memperingati Isro’ Mi’roj 1431 H, ditulis oleh Bapak Prof. Dr. KH. Ahmad Rofiq, MA.

Sedangkan buku yang kedua berupa Buku Katalog Karya Seni Kaligrafi Islam yang berisi foto – foto hasil karya para seniman kudus berprestasi Nasional dan ASEAN. Pembuatan buku katalog tersebut merupakan bentuk kepedulian Mubarokfood kepada para seniman berprestasi di kabupaten Kudus.

Kehadiran jenang Mubarok dalam khazanah makanan khas Indonesia adalah panggilan sejarah, untuk memainkan peranan penting sebagai akselerator dalam pembentukan citra diri. Dalam spectrum yang luas, Mubarokfood merupakan representasi dari industri makanan yang sukses. 100 tahun bukanlah waktu yang singkat, inilah buah dari perjuangan panjang yang diawali dengan keshalehan, semangat menolong, semangat berbagi, semangat berbakti, kerja keras dan profesionalisme dari generasi pertama sampai dengan generasi saat ini. Dengan pencapaian usia 100 tahun ini menunjukkan bahwa Mubarokfood telah membuktikan diri sebagai lokomotif dan barometer dalam makanan khas Indonesia yang paling digemari di semua lapisan usia, lintas kelas, lintas batas bahkan lintas bangsa. Standarisasi tinggi dalam pemilihan bahan, pengolahan dan kemasan dengan rasa yang beragam, ditunjang dengan manajemen yang rapi, sederhana namun profesional, menghantarkan Mubarokfood pada kemenangan dan mendapat beragam penghargaan dari berbagai ajang nasional dan internasional.

Direktur Utama Mubarokfood, H. Muhammad Hilmy, SE menuturkan bahwa sebagian dari perolehan Mubarokfood dikembalikan kepada masyarakat berupa berbagai program antara lain bhakti pendidikan, bhakti kesehatan, bhakti lingkungan, bhakti olah raga, sosial keagamaan, seni budaya, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, dsb yang untuk tahun ini telah terangkum dalam rangkaian kegiatan 1 abad Mubarokfood yang telah dilaksanakan mulai bulan Januari. Hilmy menambahkan, “Rencananya GONG dari rangkaian kegiatan 1 abad Mubarokfood ini akan ditutup dengan acara Launching Produk Baru kami yang akan dilaksanakan di kota Semarang pada bulan Desember mendatang”.